The Clawfoot Bathtub - Urban Legend Indonesia

 Sejak orangtuaku membeli bak mandi model
clawfoot bathtub, aku mulai merasa tidak
nyaman setiap kali aku pergi ke toilet. Ayahku
bilang itu bak dari era Victoria vintage, tapi aku
menduga dia hanya mendapatkannya murah dari
sebuah toko antik tua. Hampir segala sesuatu
yang kita miliki di rumah sudah tua. Ayahku
tidak pernah bisa menolak diskon.

Sesuatu hal mengenai bak mandi antik itu
menggangguku. Mungkin itu karena gelap, jelek,
atau karena noda coklat-kemerahan pada
porselennya. Mungkin itu kaki besi keriput bak
mandi menjorok keluar pada sudut yang aneh.
Mereka tampak seperti cakar dari beberapa
binatang, atau monster. Kadang-kadang, aku
membayangkan bak mandi tiba-tiba berdiri, dan
bergegas keluar dari kamar mandi sementara aku
membelakanginya.

Setiap hari, orangtuaku sepertinya terus
berdebat. Bahkan hal sekecil apa pun akan
memicu perseteruan yang berlangsung selama
berjam-jam. Aku tidak bisa ingat saat ada
suasana damai, dan tenang di rumah. Sepanjang
hari, orang tuaku akan berada di bentengnya
masing-masing, memiliki argumen setelah
argumen.

Seringkali, pada malam hari, ketika orangtuaku
berdebat sampai berteriak, dan menjerit, aku
akan meletakkan bantal di atas kepalaku untuk
menghalangi kebisingan, dan menangis sampai
tertidur. Dengan semua kekacauan di rumah,
kadang-kadang aku merasa seolah-olah aku
kehilangan akal pikiranku.

Akhir-akhir ini, aku mulai meragukan
kewarasanku lebih, dan lebih. Setiap kali aku
pergi ke kamar mandi untuk mandi, atau sikat
gigi, aku akan melihat hal-hal aneh terlihat dari
sudut mataku. Tercermin dalam cermin, aku bisa
melihat bak mandi clawfoot di belakang.

Sekali, aku pikir aku melihat darah mengalir
keluar dari keran. Tapi ketika aku berbalik untuk
melihat, keran tidak dinyalakan. Pada
kesempatan lain, kupikir aku melihat beberapa
bentuk aneh, bayangan gelap berbaring di bak
mandi, kepalanya nyaris mengintip keluar. Tentu
saja, aku berbalik dengan hati-hati, tapi bak
mandi clawfoot itu kosong.

Setiap kali aku menanggalkan pakaian, dan
melangkah masuk ke dalam bak mandi untuk
mandi, aku merasa ada sensasi aneh bahwa aku
sedang diawasi. Rambut di bagian belakang
leherku berdiri, dan aku merasa seperti ada
seseorang menatap tubuh telanjangku.

Saat aku sedang mandi suatu malam, aku tidak
sengaja menjatuhkan sabun. Saat aku
membungkuk untuk mengambilnya dari bawah
bak mandi, aku kehilangan keseimbangan dan
jatuh ke belakang bak mandi. Tiba-tiba, rasanya
seolah-olah ada tangan meraihku, dan
menahanku di bawah air.

Aku begitu takut lalu menendang, dan berjuang
sekuat tenaga, akhirnya aku dapat membebaskan
diri dari kaki tak terlihat yang tampaknya
mencengkeram erat pada kulitku. Dengan
terengah-engah aku berdiri, aku pikir aku bisa
mendengar tawa samar bergema di sekitar
kamar mandi kecil ini.

Ketika pagi tiba, aku memutuskan untuk
berkunjung ke toko antik lokal di mana Ayahku
telah membeli bak mandi clawfoot itu. Ketika
aku bertanya kepada pemilik tentang bak mandi
bernuansa vintage yang ia jual beberapa hari
sebelumnya, aku terkejut oleh kisah mengerikan
yang ia beritahukan kepadaku.

Rupanya, bak mandi clawfoot tua itu dari zaman
era Victoria. Pria itu mengatakan bahwa dulunya
milik seorang pembunuh berantai terkenal, dan
dicerca, bernama George Haigh. Aku ternganga.
dan mulai gemetar karena ketakutan.

Haigh akan memikat gadis-gadis muda untuk
datang ke rumahnya, dan menyuruhnya mandi.
Kemudian, sementara mereka mandi, ia akan
memata-matai mereka melalui lubang yang telah
dibor di dinding. Ketika hal yang tidak
diharapkan terjadi, dia akan menerkam mereka,
dan memegang kepala mereka serta
menenggelamkan mereka di bak sampai mereka
mati tenggelam.

Pembunuh jahat itu kemudian mencincang tubuh
mereka dengan kapak, dan membuang potongan-
potongan itu ke tempat sampah. Setelah
beberapa gadis-gadis muda yang hilang di
daerah tersebut, perbuatan yang mengerikan
akhirnya terungkap.

Seorang tetangga mengintip melalui sampah-
sampah yang tertimbun, ketika ia menemukan
sisa-sisa tubuh manusia, ia lalu menghubungi
polisi. Mereka menangkapnya, dan mengadilinya.
Dia terbukti bersalah, dan dihukum gantung.

Aku merasa ngeri dengan cerita tersebut. Aku
menyadari bahwa aku harus meyakinkan
orangtuaku untuk menyingkirkan bak mandi
clawfoot tua itu sebelum sesuatu yang
mengerikan terjadi.

Aku berlari kembali ke rumah.

Ketika aku sampai di rumah, aku menemukan
Ayahku duduk sendirian di sofa ruang tamu.
Televisi dalam keadaan mati, dan rumah dalam
keadaan sunyi.

"Dimana Ibu?" Tanyaku kepadanya.

"Dia sedang di lantai atas, mandi." Jawab
Ayahku. "Aku akan pergi memeriksanya."
Aku duduk di sofa sementara Ayahku naik ke
atas. Rumah itu begitu tenang, itu aneh bagiku.

Aku tidak terbiasa dengan keheningan ini. Tiba-
tiba, aku mendengar serangkaian suara benda
tajam yang berasal dari lantai atas, lalu suara itu
mulai melambat, lalu aku mendengar suara
langkah kaki yang disengaja yang menggema di
seluruh langit-langit, sedang melakukan
perjalanan menuruni tangga.
Ayahku muncul di pintu ruang tamu.

Matanya
berkaca-kaca, dan ada ekspresi aneh di
wajahnya.

Aku melihat dia memegang kapak berdarah.

"Ibumu sudah selesai mandi." Katanya.
"Sekarang giliranmu untuk mandi."
Previous
Next Post »